Presiden Jokowi Buka Peluang di Luar 10 Nama, Minta Pansel Capim KPK Dengar Saran Masyarakat


medanmendai.com - Presiden Jokowi sudah mendapat laporan Panitia Seleksi calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Periode 2019-2023.

Sepuluh nama kandidat pun sudah disebut.

Namun presiden memastikan, belum tentu 10 nama itu pasti lolos.

"Saya minta capim buka telinga dan dengar pendapat para tokoh, NGO dan masyarakat. Nama 10 itu baru laporan saat konsultasi ke saya, belum hasil akhir. Belum laporan resmi. Kalau laporan resmi harus tertulis. Kemarin itu masih konsultasi," ujar Presien Jokowi saat bertemu dengan para pemimpin redaksi media massa di Istana Negara, Jakarta, Selasa (3/9/2019) siang.

Presiden menuturkan, saat bertemu dengan Yenti Ganarsih dan tim, ia mengaku mendengar banyak keluhan tokoh msyarakat, lembaga swadaya masyarakat (BGO) dan masyarakat umum terkait nama-nama yang diseleksi. Sebagian ada yang menuai kontroversi.

"Saya ikuti kok. Ada calon yang pernyataannya terang-terangan (tidak pro-pemberantasan korupsi, Red). Jadi saya bilang, pansel harus dengan kritik dan masukan," kata Presiden.

Dengan prinsip mendengar keluhan masyarakata umum, presiden mengaku menolak 10 nama yang diajukan Pansel. "Belum tentu semua nama saya terima. Saya lihat ada empat nama yang baik. Makanya, di meja saya, masih ada juga nama-nama hasil usulan para tokoh," ujar Jokowi.(amb)

Sepuluh nama sementara capim KPK hasil seleksi Pansel adalah:

1. Alexander Marwata, Komisioner KPK
2. Firli Bahuri, Anggota Polri
3. I Nyoman Wara, Auditor BPK
4. Johanis Tanak, Jaksa 
5. Lili Pintauli Siregar, Advokat
6. Luthfi Jayadi Kurniawan, Dosen
7. Nawawi Pomolango, Hakim
8. Nurul Ghufron, Dosen
9. Roby Arya B, PNS Sekretariat Kabinet
10. Sigit Danang Joyo, PNS Kementerian Keuangan.

Setelah ini, Presiden Jokowi akan mengirim sepuluh nama calon pimpinan KPK kepada DPR.

Komisi Hukum DPR lalu akan melakukan uji kepatutan dan kelayakan ( fit and proper test) untuk memilih lima nama sebagai pimpinan KPK periode 2019-2023. (Kompas.com)

sumber artikel dan foto : https://medan.tribunnews.com/
Share on Google Plus

About Syawaluddin Amin, S.Kom

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment