Partai Peraih Kursi DPRD Kota Medan Dapat Dana Parpol, Berikut Nominalnya


medanmendai.com - Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Medan, Sulaiman Harahap mengemukakan sejumlah partai politik yang mendapatkan kursi di DPRD Kota Medan akan mendapatkan kucuran dana.

Dana tersebut, kata Sulaiman nantinya akan dikeluarkan setiap tahun selama periode anggota dewan tahun 2019-2024.

Sulaiman mengatakan, pihaknya mengeluarkan dana tersebut sebanyak dua termin pembayaran tiap tahunnya.

"Untuk tahun ini pembayaran yang dilakukan untuk Januari hingga September 2019 untuk parpol yang memenangkan kursi pada pemilu 2014 lalu. Nanti setelah pelantikan akan diberikan pada parpol yang menang di 2019," ujarnya, Selasa (20/8/2019).

Besaran yang akan diberikan untuk parpol, kata Sulaiman sebesar Rp 1780 per suara sah. Ketentuan tersebut berlaku bagi parpol yang hanya meraih kursi saja.

Ia menjelaskan, nominal tersebut dibayarkan berdasarkan peraturan yang berlaku dan diselaraskan dengan kemampuan keuangan Pemko Medan.

Peraturan tersebut, kata Sulaiman diatur dalam Peraturan Pemeringah Nomor 1 Tahun 2018 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Pemerintah Nomor 5 Tahun 2009 tentang Bantuan Keuangan Kepada Partai Politik.

Sulaiman menjelaskan, kegunaan dana parpol tersebut untuk pendidikan politik bagi anggota partai dan masyarakat.

"Selain itu, bantuan dana parpol diberikan untuk biaya operasional sekretariat parpol," tambahnya.

Pendidikan politik yang dimaksud, lanjutnya, dapat berupa acara seminar, lokakarya, sarasehan, workshop yang diperuntukkan tak hanya kader partai namun masyarakat luas.

sumber foto dan artikel : https://medan.tribunnews.com/
Share on Google Plus

About Syawaluddin Amin, S.Kom

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment