Sultan Deli Saat Ini Tinggal di Makassar


www.medanmendai.com, Medan - Sepanjang sejarah keberadaannya, Kerajaan Deli sudah terbentuk pada awal abad ke 17, dan pada pertengahan abad ke 20 memutuskan untuk bergabung dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Walau telah bergabung dengan NKRI, hingga saat ini, Kesultanan Deli masih aktif, di mana Sultan bertindak sebagai kepala adat Melayu.

Kini, Sultan Deli dijabat oleh Tuanku Mahmud Lamantjiji Perkasa Alam yang masih berusia 18 tahun. Ia diangkat menjadi Sultan tahun 2005 saat berusia tujuh tahun menggantikan ayahnya Tuanku Otteman Mahmud Paderap Perkasa Alam.

"Tuanku Otteman Mahmud yaitu Raja Deli ke 13 meninggal pada kecelakaan pesawat di Aceh tahun 2005 dalam usia 39 tahun. Ia adalah prajurit TNI menjabat Komandan Batalyon Siliwangi. Sesuai adat maka kesultanan digantikan oleh anaknya Mahmud Lamantjiji Perkasa Alam sebagai raja ke 14. Saat itu usianya baru tujuh tahun. Kini beliau berdomisili di Makassar, dan selalu datang apabila ada acara adat dan hari besar keagamaan," sebut Kepala Juru Pemeliharaan dan Juru Kunci Istana Maimoon, Sabtu (15/10/2016).

Kesultanan Deli pada merupakan satu di antara kerajaan besar yang ada di Sumatera Utara. Nama Deli diambil dari sejarah Raja Deli pertama yaitu Tuanku Gotjah, ia adalah pahlawan dari keturunan Raja Delhi Akbar di Hindustan, India.

URUTAN NAMA RAJA DELI
- Tuanku Gotjah Pahlawan
- Tuanku Parunggit
- Tuanku Padrap
- Tuanku Pasutan
- Tuanku Gandar Wahid
- Tuanku Amaluddin Mangedar Alam
- Tuanku Osman Perkasa Alam
- Tuanku Mahmud Perkasa Alam
- Tuanku Ma'moen Al Rasyid Perkasa Alamshah
- Tuanku Amaluddin Sani Perkasa Alam
- Tuanku Osman Al Sani Perkasa Alam
- Tuanku Azmi Perkasa Alam
- Tuanku Otteman Mahmud Paderap Perkasa Alam
- Tuanku Mahmud Lamantjiji Perkasa Alam

sumber foto dan konten : http://medan.tribunnews.com/
Share on Google Plus

About Syawaluddin Amin, S.Kom

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment