Poldasu Periksa Pejabat Syahbandar dan OP Belawan


www.medanmendai.com, Medan - Tim khusus (Timsus) Polda Sumut telah memeriksa Kepala Kantor Syahbandar berinisial KGS dan seorang pejabat Otoritas Pelabuhan (OP) Belawan berinsial HMY, sebagai saksi atas dugaan suap kepada oknum di Syahbandar.

Namun, Polda Sumut enggan membeberkan peran serta kedua pejabat OP tersebut dalam kasus yang menjerat dua pelaku berinisial P (28) dan HPM (47), yang tertangkap tangan saat  diduga 'memeras' salah satu perusahaan yang membangun jalan tol Bandara Kualanamu-Binjai.

"Kedua pejabat itu diperiksa sebagai saksi. Apakah ada kaitannya dengan yang lain-lain, kita tunggu saja apa hasil penyelidikan," ujar Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Rina Sari Ginting, kepada wartawan, Selasa (11/10).

Mantan Kapolresta Binjai ini belum bisa menjelaskan soal keterkaitan antara tersangka HPM dan P yang diduga memberikan uang pelicin kepada oknum pejabat di Syahbandar dan OP Belawan.

"Baru penyidik yang tahu apakah uang pelicin itu diberikan kepada KGS atau HMY. Saya belum tau apa keterkaitannya," tutur Kabid Humas.

Yang pasti, sambung dia, hingga saat ini penyidik Timsus Polda Sumut baru memeriksa 10 orang saksi, berinisial O selaku saksi pelapor, HPM, saksi pelaku, tiga personel polisi yang melakukan penangkapan berinisial ES, DOT dan SM. Sedangkan saksi petugas bongkar muat ada tiga orang yakni DS, AN dan SPM.

"Totalnya ada 10 orang saksi yang sudah diperiksa termasuk kepala kantor Syahbandar dan pejabat OP Belawan. Saat ini penyidik sedang mengembangkan penyelidikan termasuk memeriksa 68 perusahaan di bawah APBMI dan organisasi Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM)," tukasnya.

Kemudian, lanjut dia, setelah para saksi tersebut diperiksa secara mendetail, penyidik juga akan memeriksa 17 saksi dari perusahaan bongkar muat dan sejumlah karyawan di OP Belawan, dalam minggu ini.

"Dari 17 orang saksi ini sebagian diantaranya berasal dari perusahaan bongkar muat dan karyawan Syahbandar," tutupnya.

sumber ilustrasi foto : www.google.com
dan konten : http://waspada.co.id/
Share on Google Plus

About Syawaluddin Amin, S.Kom

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment