Penduduk Medan Kurang Berminat Naik Angkutan Umum


www.medanmendai.com, Medan - Angkutan umum di Kota Medan kurang digemari oleh masyarakat. Rata-rata jumlah penumpang di dalam mobil penumpang umum (MPU) hanya enam orang.
"Jumlah penumpang di MPU sangat rendah. Hanya enam orang saja, padahal bisa mampu membawa 14 penumpang. Artinya tidak sampai setengah dari MPU," kata Kepala Dinas Perhubungan Medan Renward Parapat saat Diskusi Kelompok Terbatas Rekayasa Lalu Lintas Kota Medan yang digagas oleh Ikatan Alumni Teknik Universitas HKBP Nomensen di Penang Corner, Sabtu (8/9/2016).
Sementara itu, katanya, ada 30.530 unit angkutan umum beroperasi setiap harinya di Kota Medan. Bus kecil berjumlah 3.191, mobil penumpang umum (MPU) 9.652, taksi 803, dan becak motor 16.884.
Ia menambahkan, persoalan lain dalam menata lalu lintas di Kota Medan adalah pertumbuhan kendaraan yang jauh melebihi pertumbuhan panjang jalan di Medan.
Dishub Kota Medan, katanya, memprediksi Medan akan lumpuh pada 2024 apabila tidak ada pembangunan jalan.
"Total panjang jalan di Kota Medan itu 3.078 Km, ini data akhir 2009. Jadi kalau digrafikkan, maka total luas badan kendaraan dan total luas jalan akan sama di tahun 2024. Pertumbuhan kendaraan itu pertahunnya di atas tujuh persen sedangkan pertumbuhan panjang jalan hanya sekitar dua persen. Medan bisa tidak bergerak," pungkasnya.
sumber foto dan konten : http://medan.tribunnews.com/
Share on Google Plus

About Syawaluddin Amin, S.Kom

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment