Citra Baik Politisi, Bisa Tingkatkan Partisipasi Pemilu


www.medanmendai.com, Medan - Tingkat partisipasi masyarakat terhadap Pemilihan Umum (Pemilu) bukan hanya sekadar dipengaruhi minimnya informasi atau pemahaman mengenai pentingnya pemilu. Melainkan turut dipengaruhi kehadiran figur yang akan berkompetisi dalam pemilu.

Hal ini disebutkan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan, Yenni Chairiah Rambe, saat acara peresmian Rumah Pintar Pemilu di Jalan Kejaksaan Medan, Rabu (12/10/2016).

"Pemilu 2015 tingkat partisipasi hanya 25,38 persen. Sangat rendah. Untuk itu diperlukan Rumah Pintar Pemilu yang diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai pentingnya pemilu. Tetapi faktor figur dan partai politik juga sangat berperan. Masyarakat jadi mau datang ke TPS (Tempat Pemungutan Suara) apabila mengenal dekat sosok calon pemimpin yang sedang berkompetisi. Riset 2014 faktor ketokohan sangat kuat," jelas Yenni kepada www.tribun-medan.com di Rumah Pintar KPU Kota Medan.

Melihat fakta seperti ini, Yenni berharap, para publik figur dapat membantu memberikan penjelasan kepada masyarakat bahwa pemilu itu mulia.

"Tak hanya KPU, para tokoh masyarakat juga harus gencar melakukan sosialisasi pentingnya pemilu. Kalau sudah seperti itu pasti partisipasi akan meningkatkan,"  sambungnya.

Rumah Pintar Pemilu ini dibuka untuk umum dari pukul 08.00-16.00 WIB. Yenni menghimbau bagi masyarakat atau siswa yang ingin berkunjung ke Rumah Pintar Pemilu dapat memberikan informasi terlebih dahulu kepada KPU Medan.

"Kita buka setiap hari kerja, dari pagi sampai jam empat sore. Tapi, untuk masyarakat atau siswa yang mau datang harus informasi terlebih dahulu karena kita harus siapkan pematerinya," tandasnya.

sumber foto dan konten : http://medan.tribunnews.com/
Share on Google Plus

About Syawaluddin Amin, S.Kom

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment