Cabai Merah, Beras dan Daging Beri Pengaruh Terhadap Inflasi


www.medanmendai.com, Medan - Perkembangan harga bahan pangan seperti cabai merah, beras, daging sangat memberi pengaruh terhadap inflasi. Tentu ini sangat berbeda dengan negara maju dimana pengeluaran untuk pangan tidak terlalu berpengaruh.

"Melihat Indonesia sebagai negara berkembang, tentunya pendapatan masyarakatnya sebagaian besar untuk makanan. Beda dengan negara luar seperti Amerika Serikat yang sebagai negara maju, pendapatannya hanya sebagian kecil untuk makanan. Demikian hal ini disampaikan Deputi Gubernur Senior (DGS) Bank Indonesia, Mirza Adityaswara, Senin (10/10).

"Karena inflasi itu tentang kenaikan harga barang. Sekitar 800 jenis barang disurvei oleh Badan Pusat Statistik (BPS) dan BI. Tapi angka yang dipakai BPS untuk melihat ketentuan pada sistem data inflasi," tutur Mirza.

Ditambahkan, tidak semua kota masuk dalam survei biaya hidup. Tetapi bahan pangan sampai akhir Desember 2016 ini diperkirakan masih tetap sebagai pemicu inflasi dan akan berpotensi naik dan turunnya inflasi.

"Berdasarkan data yang kita terima dan survei, bahan pangan yang masih memberikan pengaruh besar terhadap inflasi antara lain cabai, beras dan daging," pungkasnya.

sumber ilustrasi foto : www.google.com
dan konten : http://waspada.co.id/
Share on Google Plus

About Syawaluddin Amin, S.Kom

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment