Medan Guitar Jam - Kumpulan Para Gitaris Medan


www.medanmendai.com, Medan - Musik merupakan bagian dari hidup yang dapat membuat hidup lebih hidup. Kebanyakan dari orang-orang tidak hanya suka mendengarkan musik tapi juga ingin menjadi pemain alat musik demi kepuasan tersendiri untuk menyalurkan hobi, atau sebagai profesi di masa depan. Gitar, salah satu alat music yang ramai digandrungi anak – anak muda Medan.

Berawal dari keinginan dua orang anak muda Medan yang ingin membuat wadah untuk para gitaris Medan berkumpul dan berbagi ilmu tentang music juga menyalurkan bakat di bidang musik, maka Dedek Siregar dan Afif Nabawi menggagas komunitas Medan Guitar Jam untuk menjawab keinginan mereka. Keduanya yang juga Notabene sesama Mahasiswa  Alumni USU bersinergi untuk membangun komunitas ini dan menjadikan Etnomusikolog USU sebagai basecamp pertama tempat mereka berkumpul. Namun seiring berjalannya waktu komunitas ini sering berpindah – pindah basecamp.

Medan Guitar Jamm atau lebih singkatnya MGJ merupakan komunitas gitaris muda Medan yang telah berdiri sejak tahun 2010. Kegiatan MGJ sendiri berfokus pada pembelajaran pengenalan dasar bermain gitar serta pembentukan kepercayaan diri diatas panggung melalui event MGJ. Komunitas ini lebih mengedepankan kenyamanan dan konsep fun ketika sharing ilmu dan tidak dibatasi umur. Siapa saja bisa belajar bermusik disini. Orang – orang yang bergabung juga tidak hanya yang memiliki minat dalam gitar, tapi ada juga dari beberapa jenis alat music lain seperti drum, keyboard, serta vokal. genre musik yang biasa dimainkan oleh Medan Guitar Jamm sendiri bervariatif, diantaranya adalah pop, rock, metal, serta instrumental.


Pada awal mendirikan, MGJ hanya beranggotakan lima orang yang juga teman – teman dari Dedek dan Afif sendiri. Kemudian Afif melakukan promosi melalui media sosial juga iklan berbentuk flyer yang disebar antar kampus sehingga mendapat banyak antusias yang cukup besar dari para pemusik Medan yang mayoritas merupakan mahasiswa. Lalu pada awal 2013 MGJ kembali membentuk kepengurusan dengan anggota yang berdedikasi untuk melanjutkan program. Saat ini MGJ memiliki anggota 40 orang dan tetap membuka kesempatan untuk anggota – anggota baru yang ingin mendaftar. Untuk perekrutan anggota sendiri MGJ masih mengandalkan media sosial dan cara konvensional yaitu menempel poster di kampus – kampus di Medan.

Tidak hanya bermain musik, MGJ juga menunjukkan eksistensinya pada event – event yang diselenggarakan di Medan seperti kompetisi gitar, event kampus, atau event dari brand produk. Tak jarang juga media musik yang meliput keseruan komunitas ini. MGJ juga sering ikut serta pada kegiatan amal yang diadakan setiap tahun khususnya di bulan Ramadhan. Salah satunya adalah kegiatan amal berbagi bersama korban Sinabung yang dilakukan bersama komunitas sosial Turun Tangan Medan.


Para anggota MGJ ini tidak hanya berbakat tetapi juga berprestasi. Diantaranya adalah Nana Bulan, atas prestasi Finalis ajang Indonesia Mencari Bakat juga finalis Loop Band Competition, Afif Nabawiatas prestasi finalis Medan Guitar Competition, Fahri atas prestasi Juara Yamaha Youth Competition, Cindra Gani atas prestasi Juara Medan Guitar Show, serta prestasi – prestasi lainnya.

Medan Guitar Jamm juga telah mempunyai album kompilasi gitar pertama dari para anggota dan bisa didapatkan melalui contact person komunitas. Salah satu penggagas Medan Guitar Jamm, Afif Nabawi juga telah menelurkan satu album solo guitar sendiri. MGJ berharap mereka tidak hanya belajar saling berbagi ilmu dan menunjukkan eksistensi tapi juga berkarya bersama agar semakin banyak anak muda Medan yang berprestasi di bidang musik.

sumber foto dan konten : http://www.ceritamedan.com/


Share on Google Plus

About Syawaluddin Amin, S.Kom

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment