Indeks Pertanaman Sumut Masih Rendah



MEDANMENDAI.com, MEDAN - Dinas Pertanian Sumut mencatat Indeks Pertanaman (IP) padi sawah di beberapa daerah di Sumut masih di bawah sasaran atau target. Selama ini, sasaran untuk IP padi sawah di Sumut yaitu 2 per tahun.

"IP padi sawah di beberapa daerah seperti di Nias Utara, Nias Barat, Tanjungbalai, Labuhanbatu dan Padanglawas Utara masih di bawah sasaran yaitu hanya rata-rata 0,74 per tahun. Sasaran pemerintah, IP padi sawah di Sumut bisa minimal rata-rata 2 per tahun," ujar Sekretaris Dinas Pertanian Sumut, Ichroni Hasibuan, Rabu (27/1).

Ia mengungkapkan, di tahun 2015 lalu memang tidak sesuai dengan sasaran. Padahal di tahun 2014 ada dua kota yang IP padi sawahnya di atas 2 yaitu Padangsidempuan dan Tebingtinggi dengan rata-rata sasaran 2,37.

"Pemerintah Provinsi Sumut melalui Dinas Pertanian selalu berusaha dan berupaya keras agar IP padi sawah di Sumut bisa sesuai dengan sasaran. Beberapa cara dan upaya dilakukan untuk mendorong terjadinya peningkatan produksi," ungkapnya.

Ia menjelaskan, Dinas Pertanian Sumut terus melakukan dan mengadakan sosialisasi dan melakukan pendampingan ke petani-petani agar bisa mengatasi permasalahan-permasalah yang dialami petani.
"Sumut adalah salah satu daerah yang dijadikan lumbung beras oleh pemerintah pusat. Oleh karena itu, Dinas Pertanian Sumut akan mengupayakan peningkatan produksi padi sawah di Sumut," jelasnya.

Ia menerangkan, Dinas Pertanian Sumut di tahun 2016 ini menargetkan Sumut bisa memproduksi padi 4.628.968 ton gabah kering giling (GKG) dari realisasi angka sementara 2015 yang masih 4.334.591 ton.

"Kita optimis dan bersama-sama berupaya agar produksi padi di Sumut bisa meningkat dan IP padi sawah di Sumut bisa sesuai dengan yang diharapkan," terangnya. 

Sumber : http://medan.tribunnews.com/
Share on Google Plus

About Syawaluddin Amin, S.Kom

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment