Gema Baca dan Garansi Sambangi Kejati Sumut untuk Usut Tuntas Dugaan Korupsi 5 Sekolah Ini


www.medanmendai.com, Medan - Belasan pengunjukrasa dari Gerakan Masyarakat Membaca (Gema-Baca) dan Gerakan Rakyat Anti Diskriminasi (Garansi) melakukan aksinya di Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejati Sumut), Rabu (14/12/2016) siang.

Adapun kedatangan pengunjukrasa mayoritas dari kalangan mahasiswa ini, meminta Kejati Sumut mengusut tuntas dugaan korupsi di Dinas Pendidikan Tanjungbalai.

Korupsi dimaksud menyasar pada pengadaan komputer server di lima SMP Negeri, Tanjungbalai.
Lima SMP Negeri Tanjungbalai yang dimaksud terjadi dugaan korupsi masing-masing SMPN 10, SMPN 6, SMPN 7, SMPN Satu Atap dan SMPN Sisingamangaraja.

Pengadaan komputer server ini dikerjakan CV Waskita Karya yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun anggaran 2015 sebesar Rp 750 juta.

"Hal ini bertolak belakang dengan kinerja SKPD ataupun Dinas Pendidikan Kota Tanjungbalai. Telah ditemukan kejanggalan-kejanggalan seperti unit komputer yang tidak sesuai aspek. Unit komputer bermerk sunbio sebanyak 20 monitor," kata orator aksi, Gading.

Tak hanya dugaan pengadaan komputer, Gema-Baca dan Garansi juga mengemukakan, adanya praktik curang dalam pelaksanaan pembangunan ruang kelas di empat Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN), Tanjungbalai.

Di antaranya, SMAN 3, SMAN 4, SMAN 5 dan SMAN 6 Kota Tanjungbalai tahun anggaran senilai Rp 2,45 miliar.

"Meminta Wali Kota Tanjungbalai mengevaluasi ataupun mencopot Kadis Pendidikan Tetty Juliani Siregar karena diduga melakukan korupsi pengadaan komputer dan pembangunan ruang kelas," jelas Gading.

Kepala Sub Seksi Penerangan Hukum (Kasubsi Penkum) Kejati Sumut Yosgernold Tarigan yang menyambut pengunjukrasa, mengatakan akan menyampaikan aspirasi tersebut ke pimpinan.
"Alangkah baiknya dan sesuai SOP aspirasi saudara-saudara sekalian dilengkapi bukti," kata Yosgernold Tarigan.

sumber ilustrasi foto : www.google.com
sumber konten : http://medan.tribunnews.com/2016/12/14/gema-baca-dan-garansi-sambangi-kejati-sumut-untuk-usut-tuntas-dugaan-korupsi-5-sekolah-ini
Share on Google Plus

About Syawaluddin Amin

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment