Menurut Profesor USU, Ahok Bikin Umat Islam Bersatu


www.medanmendai.com, Medan -  Jumlah massa aksi Damai pada 4 November lalu di Jakarta maupun di Kota Medan dan daerah lainnya sangat besar. 

Bisa dibilang ini adalah aksi terbesar pascademonstrasi Mei 1998.
Pengamat Sosial FISIP USU Prof Drs Riza Buana Ismail M.Phil, Ph.D mengatakan, unjuk rasa serentak 4 November karena hebatnya Gubernur DKI Jakarta Non Aktif Basuki Tjahaya Purnama alias Ahok.

Karena menurut Riza, secara tidak langsung Ahok telah mempersatukan kelompok Islam yang ada di Indonesia.

"Dalam peristiwa 4 november, ini, Ahok yang hebat, bisa mempersatukan umat islam dari berbagai ideologi," kata Riza dihubungi via seluler, Senin (7/11).

Menurut analisis Prof Riza, unjuk rasa 4 November terjadi karena adanya konflik antara kelompok Islam dengan Ahok. Sehingga konflik ini menciptakan konformitas.

"Kalau dalam sosiologi, ketika ada konflik itu ada namanya konformitas. Dalam hal ini antara ahok dan kelompok Islam," kata salah satu guru besar USU ini.

Menurut Riza, Ahok telah dianggap musuh bersama oleh kelompok Islam. Namun di balik peristiwa itu, toleransi umat Islam masih cukup besar sesama umat beragama.

"Umat Islam bagi saya punya toleransi yang cukup besar. Kita lihat pada 4 november, fokusnya adalah soal Ahok. Bukan pada sentimen kepada agama lain," kata dosen jurusan Ilmu Sosiologi FISIP USU ini.

Sejak September lalu masyarakat dihebohkan dengan kasus dugaan penistaan agama yang dilakukan Ahok.

sumber ilustrasi foto : www.google.com
sumber konten : http://medan.tribunnews.com/
Share on Google Plus

About Syawaluddin Amin

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment