Garang Ditagih Utang Ratusan Juta, Akuang Terpaksa Duduk di Kursi Pesakitan


www.medanmendai.com, Medan - Lie Suprapto alias Akuang terdakwa penipuan senilai Rp 149 juta terancam empat tahun penjara saat disidangkan di Ruang Cakra IV Pengadilan Negeri (PN) Medan, Rabu (2/11/2016).

Dalam dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Mirza Erwinsyah menyebut, Lie Suprapto alias Akuang telah menipu rekan bisnisnya dalam pembelian onderdil sepeda motor ke korban, Jeo Theng.
"Bahwa terdakwa telah memesan spare part sepeda motor senilai Rp 149 juta dengan perjanjian tiga bulan pembayaran," kata JPU di hadapan majelis hakim ketua Erintuah Damanik.

Awalnya terdakwa yang telah satu tahun berbisnis onderdil spare part dengan rekannya berjalan lancar. Namun, tiga bulan terakhir pembayaran mulai macet.

Saat korban menagih pembayaran ke terdakwa, Lie Suprapto alias Akuang tidak mau membayar.
Bukannya membayar utang tersebut, Lie Suprapto alias Akuang malah membentak korban.
"Aku gak mau bayar. Mau apa kau?," kata JPU.

Dari kesaksian korban, Jeo Theng mengatakan bahwa Lie Suprapto alias Akuang membeli onderdil sepeda motor untuk dijual kembali. Dengan perjanjian, setiap tiga bulan akan dibayarkan sesuai bukti faktur yang ditandatangani Lie Suprapto alias Akuang.

Namun, setelah setahun berbisnis onderdil dengan rekannya tersebut, tiga bulan terakhir Lie Suprapto alias Akuang tidak mau membayar.

"Justru kita ke sana dia lebih garang dan tidak mau bayar ke saya. Belum pernah kembali ke saya satupun barang itu. Saya sudah bilang, kalau tidak mau bayar kemudian jadi beban, bagus barang-barangnya dikembalikan," kata Jeo Theng.

Usai mendengarkan keterangan saksi, majelis hakim menunda persidangan dan dilanjutkan Rabu (9/11/2016) pekan depan.

"Sidang ditunda hingga pekan depan. Memerintahkan terdakwa agar tetap berada dalam tahanan," kata hakim seraya mengetuk palu.

Atas perbuatannya Lie Suprapto alias Akuang dijerat Pasal 379 huruf A ko 378 jo 372 KUHPidana tentang penipuan dan penggelapan dengan ancaman pidana empat tahun penjara.

sumber ilustrasi foto : www.google.com
sumber konten : http://medan.tribunnews.com/
Share on Google Plus

About Syawaluddin Amin

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment