Menunggu Realisasi Fly Over dan Underpass


www.medanmendai.com, Medan - Kemacetan kini tak hanya terjadi di inti Kota Medan. Namun, sudah mengarah ke daerah pinggiran terutama perbatasan Medan-Deliserdang. Salah satu solusinya, pembangunan jalur alternatif. Namun, sepertinya warga harus menunggu beberapa tahun untuk terealisasinya fly over dan underpass.

Sekretaris Daerah Kota Medan, Syaiful Bahri, mengatakan, rencana pembangunan fly over Pinangbaris masih akan berlangsung beberapa tahun lagi. Pemerintah Pusat, katanya, telah membuat studi pembangunan.

"Kalau Fly Over Pinangbaris sudah dibuat studi oleh Pemerintah Pusat, dan sudah beres, hanya tinggal menganggarkannya. Sedangkan, kalau Underpass Titi Kuning sudah dibebaskan lahannya, kemarin saya ditelepon dari Pusat mereka akan membuat lebih lebar lagi kawasan itu (underpass Titi Kuning)," ujarnya.

Dia mengklaim, pembebasan lahan untuk pembangunan underpass Titi Kuning sudah selesai dilakukan pemerintah. Tidak hanya itu, Pemerintah Pusat juga sudah membayarkan uang pembebasan tanah kepada masyarakat.

"Dan sebagaian lahan sudah dipotong-potong, namun jumlah uang ganti rugi dan luas pelebaran jalannya saya belum tahu karena tidak uang kami (Pemerintah Kota Medan). Namun, dari Pemerintah Pusat. Mungkin tahun depan sudah mulai pembangunannya dari APBN, dananya semuanya dari Pemerintah Pusat," katanya.

Sebelumnya, saat membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kota Medan tahun 2017 di Hotel Emerald Garden Medan, Rabu (16/3) lalu, Eldin mengklaim Kota Medan punya ketersediaan infrastruktur.

"Pemko Medan akan terus meningkatkan perawatan/pemeliharaaan berbagai infrstruktur. Seperti jalan, jembatan, drainase, perhubungan pemukiman maupun lainnya. Pemko mendukung pembangunan jalan tol, fly over, underpass, jalan layang kereta api, termasuk rencana pemerintah mengembangkan monorail, sebagai moda transportasi massal dan modern pada masa mendatang," ujarnya.

sumber ilustrasi foto : www.google.com
sumber konten : http://medan.tribunnews.com/
Share on Google Plus

About Syawaluddin Amin

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment