Mak Madan Jual Pakkat Tidak Hanya Saat Ramadan



www.medanmendai.com, Medan - Pakkat, sejenis lalapan dari rotan muda saban tahun dicari warga Kota Medan sebagai menu berbuka maupun sahur saat Ramadan. Pakkat biasanya mudah ditemui di pinggiran Jalan Kota Medan, Jalan Aksara, Jalan Sukaramai, Jalan Denai di kawasan bawah jalan tol dan daerah lainnya.

Mak Madan Harahap, penjual pakkat di Jalan Aksara mengaku sudah puluhan tahun menjual pakkat. Berbeda dengan penjual yang lain, Mak Madan tidak hanya berjualan saat Ramadan.

"Pakkat tiap Ramadan selalu meningkat pembelinya," katanya, Selasa (7/6/2016).

Ramadan tahun ini, harga pakkat maish sama dengan tahun sebelumnya, Rp 2.000 per batang.
Kata Mak Madan, pakkat terlebih dahulu dibakar hingga menghitam, sehingga saat dikupas tekstur rotan muda menjadi lembut dan akan mudah dikunyah. Rasa pahit menggugah selera makan pun akan pecah di lidah. Apalagi ditambah racikan sambal pakkat yang khas dengan irisan bawang.

"Enaknya kalau pakai sambal bawang. Pakkat tidak membuat bau mulut atau membuat lidah kelat. Pakkat juga banyak manfaat kesehatannya. Bisa obat sakit lambung, masuk angin, dan penambah selera makan," ujarnya

Aminah, seorang pelanggan, mampir ke warung Mak Madan dan memesan pakkat Rp 10 ribu. Ia mengaku selalu memasukkan pakkat sebagai menu berbuka puasa.

"Kami di rumah tiap Ramadan sering beli pakkat, meski enggak tiap hari juga. Dari zaman masih kecil, saya diajari orang tua makan pakkat," katanya.

sumber foto dan konten : http://medan.tribunnews.com/
Share on Google Plus

About Syawaluddin Amin

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment