Donor Darah di Gebyar Pendidikan, PMI Hanya Kumpulkan 5 Kantong Darah



www.medanmendai.com, Medan - Palang Merah Indonesia (PMI) membuka stand bagi masyarakat yang ingin mendonorkan darahnya dalam acara Gebyar Pendidikan Kota Medan tahun 2016.

Sedari awal Gebyar Pendidikan 1 Juni hingga 4 Juni, PMI hanya menerima lima kantung darah dari peserta serta masyarakat yang hadir dalam Gebyar Pendidikan 2016.

"Baru lima kantung darah yang terkumpul. Mungkin kurang sosialisasi atau kurang kesadaran dari masyarakat mengenai pentingnya donor darah bagi kesehatan pribadi maupun sesama," ujar Petugas PMI Mukhlis Abdhy kepada www.Tribun-medan.com di Lapangan Merdeka Medan, Sabtu (4/6/2016).

Dirinya juga mengakui bahwa jumlah kantung darah yang terkumpul hingga hari keempat Gebyar Pendidikan cukup jauh dari harapan PMI dan Dinas Pendidikan Kota Medan.

"Kita tidak pakai target. Tapi dari awal PMI dan Dinas Pendidikan berharap selama Gebyar Pendidikan dapat terkumpul lebih kurang 20 kantung darah," kata Mukhlis Abdhy.

Sebagai syarat donor, petugas PMI melakukan pengecekan terhadap kesehatan calon pendonor. Jumlah peserta dan tamu Gebyar Pendidikan yang tidak diijinkan melakukan donor terlihat cukup tinggi.

"Kita lihat HB darah mereka. Dan ada sekitar 15 orang yang tidak kita ijinkan mendonorkan darahnya. Faktor kurang istirahat dan rendahnya HB mendominasi," pungkasnya.

sumber foto dan konten : http://medan.tribunnews.com/
Share on Google Plus

About Syawaluddin Amin

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment