Tak Terbukti Miliki Sabu, Dua Warga Pemakai Narkotika Dikenakan Wajib Lapor



MEDANMENDAI.com, MEDAN - Dua warga pemakai narkotika jenis sabusabu diamankan Personel Brimobda Sumut. Keduanya Saipul Amri Siregar (48) warga Jalan AR Hakim dan Alwah Saputra Siregar (33), warga Jalan Selambo Kecamatan Medan Amplas.

Awalnya, keduanya diamankan karena tertangkap basah oleh petugas Brimob Sumut Briptu R Nababan di belakang Pasar Simpang Limun, Sabtu (2/4/2016) lalu saat sedang mengkonsumsi sabu. Namun mereka tidak dirahan karena unsur barang bukti tidak ada. Hal itu diungkapkan Kanit Reskrim Polsek Medan Kota, AKP Martualesi Sitepu, Selasa (12/4/2016).

"Setelah penyelidikan ternyata mereka ditangkap tanpa ada barang bukti sabu, jadi mereka tidak bisa kami tahan dan itu sesuai dengan Pasal yang berlaku," kata Martualesi Sitepu.

"Terhadap kedua tersangka hanya dapat dijerat dengan Pasal 127 tentang pemakai/pengguna, Undang-Undang No 35 Tahun 2009 tentang Narkoba dan diancam dengan ancaman hukuman minimal 2 tahun penjara dan maksimal 4 tahun. Sehingga terhadap kedua tersangka tidak dapat dilakukan penahanan, status keduanya hanya wajib lapor 2x seminggu setiap hari Senin dan Kamis, dan Berkas Perkara akan tetap dikirim ke JPU," jelas mantan Kanit Reskrim Polsek Delitua ini
Martualesi Sitepu menjelaskan kronologis pemeriksaan, berdasarkan hasil pemeriksaan Saiful Amri Siregar dan Alwan Saputra, mereka mengakui perbuatannya menggunakan narkoba jenis sabu. Namun saat penangkapan, sabu yang dipergunakan sudah habis sehingga tidak ada barang bukti sabu yang diamankan.

"Barang bukti yang diamankan hanya alat isap dan plastik klip kecil pembungkus sabu yang diakui kedua tersangka. Meski tersangka mengaku pakai sabu, namun gak ada barang bukti sabu makanya dipakai Pasal 127 sehingga tidak ditahan" bebernya.

sumber foto dan konten : http://medan.tribunnews.com/
Share on Google Plus

About Syawaluddin Amin

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment