Komponen Lokal Sienta Diklaim 70 Persen Lebih


Mobil Toyota Sienta dipajang di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (7/4/2016). Pameran otomotif ini akan berlangsung hingga 17 April mendatang.

MEDANMENDAI.com, Jakarta, KompasOtomotif – Toyota, Sienta resmi diluncurkan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016, Kamis (7/4/2016). Kendaraan multi guna (Multi Purpose Vehicle/MPV) teranyar Toyota itu akan diproduksi di pabrik Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Karawang, Jawa Barat, akhir Juni 2016.

Wakil Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Warih Andang Tjahjono, menjelaskan, karena disiapkan untuk masyarakat dan diproduksi di Indonesia, maka komponen lokalnya sudah mencapai lebih dari 70 persen.

“Yang bias kita lihat seperti eksterior, interior hingga mesin sudah dibuat di Indonesia. Sisanya seperti sistem kelistrikan masih diambil dari luar negeri seperti Jepang,” ujar Warih di booth Toyota, Kamis (7/4/2016).

Secara keseluruhan, lanjut Warih, suplayer yang terlibat dalam produksi Sienta ini jumlahnya mencapai 130. Masing-masing dipercaya untuk membuat bagian, mulai dari eksterior, hingga interior.

“Kita sudah melibatkan banyak sekali suplayer lokal. Tidak hanya Sienta tetapi untuk model lainnya juga, dilihat saja semua mobil yang kita produksi kandungan lokalnya sudah sangat besar,” ujar Warih.

Ekspor

Dalam waktu dekat ini, Warih menjamin Sienta tidak akan diekspor. Sebab, produksi yang dimulai akhir Juni itu untuk memenuhi permintaan pasar dalam negeri.

“Kita tidak mau permintaan dalam negeri belum terpenuhi, tetapi kita sudah ekspor. Jadi kita focus memproduksi untuk pasar local dulu dan akan kita mulai distribusikan di Juli 2016,” kata Warih.

sumber foto dan konten : http://otomotif.kompas.com/
Share on Google Plus

About Syawaluddin Amin

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment