Guru Daerah Sukai Buku Bacaan Berjenjang



MEDANMENDAI.com, MEDAN - Penggunaan buku bacaan berjenjang disambut positif di daerah. Guru-guru lebih menikmati proses membaca dengan menggunakan buku ini. Demikian disampaikan Juru Bicara USAID PRIORITAS Sumut Erix Hutasoit.

“Bahkan guru-guru kita di Humbang Hasundutan mengatakan mudah menggunakan buku ini untuk membantu siswa meningkatkan keterampilan membaca,” terang Erix saat ditemui di kantornya Jalan Sei Tenang No. 3 Medan, Kamis (7/4/2016).

Lebih lanjut Erix mengatakan, buku berjenjang didesain unik dengan pendekatan kontekstual yang isinya disesuaikan dengan konteks kehidupan sehari-hari siswa. Buku tersebut terdiri dari 6 jenjang yang memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Jenjang terendah dimulai dari mengenalkan ‘kata’ sedangkan level tertinggi menyajikan bacaan lengkap satu cerita.

“Setiap halaman buku juga dilengkapi dengan gambar yang menarik agar anak lebih mudah untuk memahami isi bacaan. Setiap anak akan menggunakan buku ini sesuai dengan tingkat keterampilan membacanya,” tambahnya.

Erix mengatakan guru harus dilatih terlebih dahulu, baru bisa menggunakan Buku Bacaan Berjenjang. Pelatihan ditujukan agar guru mampu menilai tingkat keterampilan anak membaca dan menggunakan Buku Bacaan Berjenjang yang relevan dengan kemampuan membaca anak.

“Ada tiga metode membaca yang kami latih yaitu membaca bersama, membaca terbimbing dan membaca mandiri. Penggunaan metode membaca ini tergantung tingkat kemampuan anak membaca dan jenis intervensi yang akan dilakukan guru,” tandasnya.

sumber foto dan konten : http://medan.tribunnews.com/
Share on Google Plus

About Syawaluddin Amin

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment