Ombudsman Nilai Dinas Pendidikan Sumut Tidak Transparan Soal Pengawasan UN



MEDANMENDAI.com, MEDAN - Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Utara menilai Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara (Sumut) tidak memiliki komitmen serius dalam memperbaiki penyelenggaraan pelayanan publik di sektor pendidikan. 

Hal tersebut terindikasi dari ketidakterbukaan Dinas Pendidikan dalam melaksanakan pengawasan Ujian Nasional (UN) tahun 2016.

Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumut, Abyadi Siregar mengatakan, Dinas Pendidikan tidak dapat diajak berkoordinasi dalam pengawasan pelaksanaan UN 2016. Dari undangan yang dilayangkan Ombudsman melalui surat dengan bernomor SR-0056/PW02/III/2016 tanggal 18 Maret 2016, Dinas Pendidikan tidak hadir.

Padahal undangan pertemuan tersebut dimaksudkan untuk berdiskusi dan berkoordinasi dalam pengawasan pelaksanaan UN di Sumut, khususnya di Kota Medan.

"Rencananya kami ingin berkoordinasi dalam melakukan pengawasan pelaksanaan UN. Tetapi dengan ketidakhadiran dinas pendidikan, ini menjadi indikasi tidak kooperatifnya mereka dalam memperbaiki penyelenggaraan pelayanan publik, khususnya dalam pelaksanan UN yang akan berlangsung dalam beberapa hari ke depan," kata Abyadi, di kantornya di Jalan Majapahit, Selasa (29/3/2016).

Lebih lanjut Abyadi mengatakan, Ombudsman sangat kecewa dengan sikap Dinas Pendidikan Sumut yang terkesan tidak transparan dalam pengawasan UN.

"Padahal kami ingin mewujudkan pelaksanaan UN yang berintegritas seperti yang diharapkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan," ujarnya.

sumber foto dan konten : http://medan.tribunnews.com/
Share on Google Plus

About Syawaluddin Amin

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment